MID TES KELAS KINESIOLOGI IKOR

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!

1.Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak (tubuh manusia). ANATOMI merupakan salah satu ilmu yang menjadi asas/landasan dalam pembahasan dan kajian Kinesiologi.
Jelaskan, mengapa hubungan antara Anatomi dan Kinesiologi sangat erat dalam mempelajari gerak (terutama gerak tubuh manusia).
2.Dalam nomor TOLAK PELURU (Atletik), seseorang harus melakukan usaha agar peluru ditolakkan sejauh mungkin. Pada proses rangkaian gerak tersebut (mulai dari awal sampai akhir), dapat dihubungkan dengan Hukum Newton I (Law of Inertia), Hukum Newton II (Law of Momentum) dan Hukum Newton III (Law of Interaction). Uraikan terjadinya Hukum Newton I, II dan III pada keadaan tersebut.
3.Galileo Galilei menyatakan “PERCEPATAN BENDA JATUH BEBAS TIDAK SEBANDING DENGAN BERATNYA”
Jelaskan, apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut.
4.Letak titik pusat berat badan (center of gravity) lelaki 56 %; sedangkan wanita 55 %. Mengapa letak titik pusat berat badan (center of gravity) lelaki lebih tinggi dari perempuan ?
5.Pada saat berdiri dengan kedua kaki rapat LUAS BIDANG TUMPU SAMA DENGAN TUMPUAN; sementara pada saat berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar BIDANG TUMPUAN LEBIH LUAS DARIPADA TUMPUAN.
Jelaskan perbedaan BIDANG TUMPUAN dengan TUMPUAN
6.Mengapa mekanisme kerja pada setiap persendian diarthrosis dikatakan mekanisme kerja TUAS/PENGUNGKIT/LEVER.
7.Dalam keadaan abduksio sempurna (lengan membentuk sudut sembilan puluh derajat terhadap togok), dumbbell seberat lima kilogram digenggam oleh seorang mahasiswa FIK yang sedang melatih m. deltoideus. Panjang lengan mahasiswa tsb empat puluh lima senti meter. M. deltoideus terletak lima sentimeter dari persendian dan membentuk sudut sepuluh derajat terhadap lengan.
a. Sistem kerja termasuk tuas golongan……
b. Gambarkan sistem kerja tuas secara sederhana !
c. Berapa panjang LENGAN TENAGA ?
d. Berapa besar TENAGA yang dikerahkan agar tuas dalam keadaan setimbang ?
8.19. Pada kesempatan latihan beban seorang mahasiswa FIK melakukan gerakan lateral raises, beban yang diangkatnya seberat 15 Kg. panjang lengan mahasiswa tersebut 40 cm. Titik tangkap otot deltoideus berada 12 cm dari artikulasio humeri, dengan membentuk sudut 300. Gambarkan system tuas yang terjadi dan berapa besar tenaga yang dikerahkan untuk mengangkat bean tersebut !

Tidak ada komentar: